Saat ini kamu sedang membaca artikel...
Uncategorized

Cabut Flash Disk Harus Pakai “Safe Remove”? Tidak juga tuh…!

Flash Disk (FD) menjadi media penyimpanan yang sangat efisien, karena bentuknya yang sederhana, mudah dibawa-bawa dengan kapasitas yang besar, dan yang paling utama, dapat men-suport banyak jenis peranti mulai dari PC, notebook, dll.

Flash Disk/Drive saat ini memiliki kapasitas data yang sangat besar, mulai dari 128MB-32GB, dan akan terus berkembang mengikuti zaman, dengan berbagai variasi harga sesuai dengan merk dan kualitas atau umur masa pakai FD tersebut.

Berikut sekadar tips pemakaian agar FD tidak rusak:
• Jangan mencabut langsung FD yang sedang aktif/bekerja (sedang melakukan transfer data [Copy atau Moving file]), ciri-cirinya dapat dilihat dari lampu FD. Apabila berkelap-kelip terus-menerus, berarti FD sedang melakukan transfer data. Kalau langsung dicabut, ada kemungkinan semua data akan hilang dan FD akan rusak permanen (tergantung dari kualitas FD ^^).
• Utamakan FD dengan casing atau bentuk yang solid atau dengan kulit dan penutup yang kuat, agar FD tidak mudah pecah jika terinjak atau jatuh.
• Hindari memakai/membeli FD yang sudah di kompres ukurannya, yaitu FD yang kapasitas aslinya diperbesar dengan software (umumnya memiliki kapasitas yang besar dengan harga yang murah, kebanyakan merknya abal-abal atau made in China yang tidak terkenal ^^). Alasannya karena dapat memperpendek umur Flash Disk.
• Untuk sistem operasi lama seperti Ms Windows 98, FD memerlukan driver bawaan dari FD untuk di-install agar dapat terdeteksi.

Banyak orang mengeluhkan FD mereka rusak, tidak terdeteksi lagi, file terhapus sendiri atau ada bad sector didalamnya. Ada juga yang mengatakan bahwa FD rusak karena tidak menonaktifkan FD melalui “Safe Remove Hardware” dengan baik dan benar.

Pernyataan mencabut FD harus menggunakan “Safe Remove Hardware” sebenarnya tidak 100% benar.
Saat Flash Disk pertama kali dipasang pada port USB, sistem operasi apapun itu, secara default mendeteksi FD dengan sistem “Optimize for quick removal’ (dapat dilihat pada properties FD, pada tab policies, dapat diakses melalui daftar device manager,cari FD dan buka properties-nya).

“Optimize for quick removal’ berarti menonaktifkan fasilitas write caching pada sistem operasi sehingga FD dapat dicabut tanpa menonaktifkan FD dengan fasilitas “safe remove”.

Apabila metode policies yang dipilih adalah yang dibawahnya atau “Optimize for Performance”, sistem operasi mendeteksi FD dengan write caching, sehingga user harus selalu menggunakan “Safe remove hardware” saat mencabut FD. Apa keuntungannya? Write caching berarti memaksimalkan kinerja FD dengan sistem operasi yang terus-menerus mendeteksi keberadaan FD dengan kata lain, sama saja dengan melakukan tranfer data secara terus menerus. Dengan write caching, keberadaan FD dideteksi sama dengan sebuah Hard Disk, sehingga lebih dikenal oleh sistem operasi, dan proses pengopyan dan pemindahaan data menjadi jauh lebih cepat.

Kerusakan pada FD umumnya terjadi akibat umurnya yang telah habis, atau memang kualitas FD tersebut tidak terjamin. Menonaktifkan FD atau tidak sebelum dicabut sama sekali tidak ada hubungannya dengan kerusakan selama aturan pada policies FD tidak di utak-atik.

Dengan mengaktifkan optimize performance memang dapat meningkatkan kecepatan transfer data, namun untuk keefisienan, lebih baik apabila FD dapat digunakan dengan penggunaan cepat, tidak merepotkan dan aman.

sumber : Nizam

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

August 2010
M T W T F S S
« May   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Silahkah Confirm Kalau Mau Kenal

Follow Me

  • Sahabat bukanlah mereka yg telah lama kamu kenal, namun mereka yg datang menghampirimu dan tak pernah meninggalkanmu 2 months ago
  • Teman Kampus BSI..... yang mana ya...??? 6 months ago
  • begini nie jadinya kalau TV nonton yang tidur hasilnya sakit kepala.. :D :D :D 1 year ago
  • ada yang pintar tapi membodohi,ada yang bodoh tapi tak tahu diri ada orang beragama tapi tak berakhlak, ada yang berakhlak tapi tak bertuhan 1 year ago
  • @ima39julahm test 1 year ago

Mau Kenal Chatt Aja…..

Maentenance Blog By: Standza Al Zahrah

Bookmark and Share



free counters


Member's Of Ghalast 518

  • Cep Nanang Sunarya
  • Erik AirLangga Saputra
  • Yopi Mera Wijaya
  • Wahyu Illahi
  • M.Romdonie
  • Khasung
  • Achips
  • Aldi
  • Ao

kritik dan saran : entjep@gmail.com

Creative Design By: Cep Nanang Sunarya

Silahkan Kunjungi Juga

SILAHKAN KALAU YANG HOBBY DWONLOAD

FREE EBOOK
%d bloggers like this: